Menulis merupakan bentuk pelepasan ketidaknormalan menuju kenormalan meskipun terkadang dengan menulis pernah membawa saya pada titik terlelah. Lewat tulisan bagi saya setetes keriwuhan pikiran terasa jatuh satu persatu.Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk bisa lebih berdamai dengan keadaan disaat emosi baik tak berpihak pada diri sendiri.

Konfigurasi IP Address MiktoTik menggunakan Winbox

Senin, 18 Desember 2017 0 Comments
Disini saya akan memberikan sebuah tutorial cara untuk konfigurasi IP Address di MikroTik menggunakan Aplikasi Winbox. untuk yang belum tahu apa itu winbox bisa klik disini. Konfigurasi IP Address bertujuan untuk membuat agar Interface dari MikroTik bisa berkomunikasi dalam satu jaringan, semisal kita akan menggunakan topologi seperti ini.





pada topologi di atas tertulis IP Network adalah 192.168.10.0/24 jadi kita akan menggunakan IP yang satu jaringan dengan IP tersebut, apa maksutnya satu jaringan klik disini jika ingin tahu. semisal kita akan menggunakan ip 
- 192.168.10.1/24 untuk Interface ether 2 MikroTik
- 192.168.10.2/24 untuk Interface ethernet / local area connection dari PC

1. Langkah pertama sambungkan dulu Interface ether2 MikroTik dengan port Rj45 PC seperti pada topologi diatas.
2. Lalu buka winbox dan cari MAC Address dari mikrotik yang kita pakai.
3. Setelah itu Klik Connect. setelah itu masuk ke Menu IP -> Address . dan jika di dalam menu IP Address tersebut masih ada IP yang terkonfigurasi, saya rekomendasikan untuk meng hapusnya terlebih dahulu. Lalu klik tanda + dan masukkan Address = 192.168.10.1/24 Network = 192.168.10.0 Interface = ether2 lalu Klik OK.

4. Setelah itu IP pada MikroTik sudah berhasil terkonfigurasi, lalu kita masuk konfigurasi pada PC. dengan  masuk ke Network and Sharing Center.
5. Lalu masuk Change Adapter Setting
6. Lalu cari Interface adapter yang kalian hubungkan dengan MikroTik. karena disini saya menggunakan Virtual atau bukan alat asli jadi saya menggunakan Loopback Adapter dan KLIK 2 kali
7. dan pilih Properties
8. Lalu pilih yang IP V4. apa bedanya IP V4 dan IP V6. klik disini jika ingin tahu.
9. setelah itu masukkan IP nya seperti dibawah ini. disini kita hanya mengisi IP Address dan Subnet Mask saja, untuk Default Gateway disini kita tidak terlalu membutuhkan. Apa itu default Gateway. klik disini.
10. Lalu masuk ke CMD dan coba Ping IP MikroTik dari CMD
Jika sudah tertulis TTL berarti kedua belah pihak dapat berkomunikasi dalam satu jaringan.





SEKIAN TUTORIAL DARI SAYA ADA KURANG LEBIHNYA SAYA MOHON MAAF
JIKA ADA YANG INGIN DI TANYAKAN CARI KONTAK SAYA DI HALAMAN DIBAWAH INI
DI SINI ADA KONTAK SAYA, JIKA ADA YANG INGIN DITANYAKAN HARAP LANGSUNG HUBUNGU.




0 Comments:

Posting Komentar

KOTAK SARAN

Nama

Email *

Pesan *